YCAB Foundation Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan lewat Tokopedia

Jakarta, kabarberita co.id – Bulan suci Ramadhan merupakan momentum untuk berbagi kebaikan bersama-sama. Agar tahun ini semakin berkesan mari kebaikan bersama YCAB Foundation dan  Tokopedia dalam program Tokopedia Ramadhan Ekstra 2022.

Program ini menghadirkan Kotak Amal Tokopedia, dimana melalui halaman ini, masyarakat bisa menggunakan berbagai fitur untuk berbagi kebaikan, mulai dari Donasi, Fidyah, Zakat FItrah, Wakaf  hingga Zakat Maal. Masyarakat juga bisa memilih untuk berdonasi saat checkout barang dan mendukung penjual untuk berbagi kebaikan.

Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, sepanjang 2021 lalu masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia. Artinya, pandemi tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam beribadah dan berbagi kebaikan dari rumah. Kehadiran Kotak Amal Tokopedia tahun ini menjadi upaya Tokopedia dengan para lembaga kemanusiaan terpercaya, termasuk YCAB Foundation, untuk mengajak sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama tidak terkecuali di bulan Ramadh danan.

Program yang berjalan hingga 2 Mei 2022 ini akan fokus membagikan sembako bagi keluarga pra sejahtera dan perempuan pelaku UMKM di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, dari 57 juta keluarga di Indonesia, 16,8% atau 15 juta dari mereka adalah keluarga pra sejahtera yang membutuhkan bantuan.

Tokopedia Ramadhan Ekstra sendiri merupakan tradisi belanja terbesar dari Tokopedia yang berlangsung sepanjang Ramadhan hingga 30 April 2022. Tokopedia bersama mitra strategis juga menyediakan berbagai pilihan untuk berdonasi, baik sebagai penjual maupun pembeli. Dimulai dari program Jualan Berkah Berlipat, dimana penjual dapat berbagi kebaikan dengan berdonasi sambil berjualan melalui dua cara. Melalui Donasi Sekali, penjual dapat berdonasi dengan memilih nominal sumbangan mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta hingga 2 Mei 2022. Cara lainnya adalah melalui Donasi Rutin yang mengalokasikan sejumlah nominal dari penjualan pegiat usaha lokal selama bulan Ramadhan.

Sedangkan para pembeli di Tokopedia dapat berdonasi melalui berbagai cara di Kotak Amal Tokopedia hingga 2 Mei 2022 melalui beberapa program, termasuk Sembako, yang salah satu mitra penyalurannya adalah YCAB Foundation. Selain itu, di kampanye Kotak Amal Tokopedia juga tersedia program Belanja Sambil Berbagi dimana masyarakat dapat mendukung sejumlah pegiat usaha lokal yang mendonasikan sebagian pendapatan kepada yang membutuhkan – dengan berbelanja di toko dengan tanda khusus.

“Kami sangat antusias ketika Tokopedia mengajak kolaborasi untuk berbagi kebaikan bersama di bulan suci Ramadan, terutama untuk membantu para keluarga pra-sejahtera dan perempuan pelaku UMKM yang merupakan salah satu fokus YCAB Foundation. Kami berharap, seluruh pihak yang  kami bantu bisa mendapatkan kebaikan lebih di bulan Ramadhan ini serta bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka,” Ujar Veronica Colondam, CEO and Founder dari YCAB Foundation.

Program ini diharapkan dapat mengumpulkan donasi yang nantinya akan disalurkan kepada keluarga pra sejahtera dan perempuan UMKM yang membutuhkan dalam bentuk sembako.(**)

Related posts