Rikkes Lanud Sam Ratulangi

Manado, KabarBerita.co.id – Lanud Sam Ratulangi menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) anggota Lanud Sri di Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi, Mapanget, Manado, Kamis (03.02.2022).

Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI M. Satriyo Utomo, SH., mengatakan aktivitas ini dilaksanakan secara berkala. Hanya khusus bagi prajurit ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi Manado dan Satuan Radar 224 Kwandang. Untuk alokasi tiga puluh tujuh personil.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan rikkes ini berdasarkan Progja Diskesau TA 2021. Serta Surat Telegram Kadiskesau Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto, M.Sc., Sp.BS (K)., Sp.KP.

“Dibuat sederhana. Dikomunikasikan agar anggota Satrad menggunakan fasilitas kesehatan militer di Gorontalo. Sebab high risk perjalanan sejauh delapan belas jam perjalanan dari Kwandang ke Manado,” arahan Marsma TNI M. Satriyo Utomo, SH., saat menerima laporan Lettu Kes drg. Christi Mario Nesa, M.Kes.

Sebelumnya, Kepala Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi dr. Rachmat Saleh, Sp.Rad., M.Kes., telah melayangkan surat. Tentang jadwal Rikkes yang berisikan nama-nama prajurit dari yang berpangkat Kolonel. Sampai dengan Prajurit Satu (Pratu) dalam antrian rikkes. Terdiri dari personil usia lebih dari 45 tahun, rentang usia 35 sampai dengan 45 tahun. Serta, personil usia kurang dari 35 tahun.

“Diharapkan personil yang akan melaksanakan rikkes, sudah puasa delapan jam. Sejak pukul sepuluh malam,” harap Karumkit Lanud Sam Ratulangi.

Pemeriksaan kesehatan berkala TA 2021 ini merupakan perintah pimpinan TNI AU. Untuk memeriksa tingkat kesehatan pasukan TNI AU. Mencakup Pemeriksaan Umum, THT,  Laboratorium, EKG dan Gigi.

Pelaksanaan rikkes ini digolongkan berdasarkan usia. Bukan berdasarkan pangkat. (Nda)

Pos terkait