Agar Lebih Paham, Ini Dia Fungsi Asuransi Serta Manfaatnya

Zaman sekarang, banyak orang yang belum mengetahui fungsi asuransi untuk kehidupannya. Asuransi sendiri merupakan salah satu pondasi terpenting dalam mendukung pengelolaan serta perencanaan keuangan yang lebih baik.

Pasalnya, asuransi akan membantu seseorang dalam mengantisipasi dan meminimalisir dampak finansial dari risiko kehidupan yang dapat terjadi kapan saja. Nah, agar lebih paham mengenai asuransi, yuk simak pembahasan berikut.

Fungsi Utama dari Asuransi yang Perlu Diketahui

Asuransi termasuk hal yang sangat penting untuk dimiliki dalam kehidupan serba cepat ini. Terlebih lagi, premi yang dibayarkan secara rutin akan memberikan berbagai manfaat serta dapat dinikmati dalam jangka panjang.

Dengan kehadiran suatu asuransi, maka manajemen keuangan pribadi seseorang dapat berjalan lebih optimal. Agar semakin paham mengenai asuransi, berikut beberapa fungsinya secara umum.

  • Fungsi Primer Asuransi

Fungsi primer dari asuransi adalah untuk mengalihkan risiko dari tertanggung kepada para penanggung. Umumnya, fungsi satu ini seringkali disebut juga dengan fungsi utama dari asuransi di mana memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Mengalihkan Risiko

Asuransi bisa digunakan sebagai pengalih risiko, yakni saat seorang kepala keluarga meninggal dunia tetapi memiliki asuransi jiwa. Kondisi keuangan yang sebelumnya berisiko mengalami penurunan dapat dipenuhi kembali dengan uang asuransi jiwa yang diterima dari pihak perusahaan asuransi.

  • Menghimpun Dana

Fungsi selanjutnya dari asuransi, yaitu untuk mengumpulkan dana melalui premi yang dibayarkan oleh pemegang polis. Dana ini mirip seperti tabungan, tetapi dikelola oleh perusahaan asuransi untuk menjalankan fungsi yang pertama.

  • Penjamin Keseimbangan Premi dan Perlindungan

Asuransi pada dasarnya juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan dari pihak perusahaan. Dengan demikian, pemegang polis tak harus membayar mahal agar bisa memperoleh berbagai perlindungan yang ditawarkan.

Nantinya, pihak perusahaan asuransi akan melakukan kalkulasi seluruh risiko yang mungkin terjadi sesuai pembayaran premi sejak awal. Tentunya, setiap risiko yang dialami pemegang polis belum tentu mendapatkan penggantian sama sebab premi dan risiko tertanggungnya berbeda.

  • Fungsi Sekunder Asuransi

Selain berfungsi secara primer, asuransi ternyata juga memberikan kegunaan dari segi sekunder. Adapun beberapa fungsi sekunder dari sebuah asuransi yang dimaksud, antara lain sebagai berikut:

  • Ekspor Lebih Mudah

Bagi beberapa orang, asuransi mungkin hanya sebatas pada perlindungan kesehatan atau jiwa. Namun, asuransi pun memiliki berbagai jenis, salah satunya berkaitan dengan penjualan serta perdagangan barang ke luar negeri atau ekspor.

Sebuah asuransi bisa memberikan proteksi lebih kepada produk yang akan dikirim ke luar negeri. Dengan begitu, produk yang dikirimkan tersebut akan memiliki proteksi sehingga dapat melindungi barang dari berbagai risiko.

  • Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Asuransi diketahui bisa memicu pertumbuhan ekonomi, namun tidak berdampak secara langsung. Hal ini dikarenakan, asuransi mampu membuka berbagai lapangan kerja melalui posisi yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Ya, asuransi akan membantu negara meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Terlebih lagi dengan banyaknya lowongan kerja yang terisi di sektor ini sehingga kondisi negara menjadi lebih baik dan target pertumbuhan finansial menjadi terpenuhi.

  • Fungsi Khusus Asuransi

Fungsi pada asuransi, baik primer maupun sekunder merupakan manfaat asuransi secara umum. Meski demikian, asuransi pun memiliki fungsi yang lebih khusus di mana disesuaikan dengan setiap jenis produk asuransi, di antaranya:

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan adalah program perlindungan kepada nasabahnya jika mengalami sakit. Apabila memiliki asuransi satu ini, maka pemegang polis akan memperoleh pengobatan tanpa harus mengeluarkan uang banyak sebab nasabah bisa melakukan klaim.

  • Asuransi Kerugian

Fungsi dari asuransi kerugian bisa digunakan untuk mengurangi kerugian akibat aset yang rusak atau hilang di mana harus sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan. Dapat dikatakan bahwa asuransi ini masuk ke dalam kategori asuransi umum dengan beberapa produk, berupa asuransi kendaraan bermotor, alat berat, dan lainnya.

  • Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan program asuransi yang pengelolaannya dilakukan secara syariah dan diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia atau DSN-MUI. Berdasarkan fungsinya, asuransi syariah tidak jauh berbeda dengan jenis konvensional.

Pentingnya Asuransi untuk Gaya Hidup Milenial

Milenial masa kini tidak terlepas dari gaya hidup yang konsumtif yang didominasi oleh pembelanjaan online. Ketika dilakukan dalam jangka panjang, maka keuangan pun menjadi terganggu.

Hal ini tentu membuat milenial kemungkinan kurang bisa memaksimalkan kesempatan untuk menabung, berinvestasi, serta memiliki asuransi. Karena itu, ada beberapa manfaat penting asuransi bagi generasi milenial, yaitu:

  • Memberi perlindungan

Produk asuransi akan memberi perlindungan saat pemegang polis mengalami berbagai risiko di kemudian hari. Perlindungan yang didapatkan biasanya tergantung dari jenis asuransi pilihan. Misalnya, jika memilih asuransi kesehatan, maka akan mendapat perlindungan kesehatan.

  • Biaya Premi Murah

Ketika memutuskan untuk memiliki asuransi di usia muda, premi yang perlu dibayarkan jauh lebih murah. Alasan biaya premi bisa murah adalah kondisi kesehatan yang masih sehat ada pada usia 20 hingga 30 tahun.

Berbeda dengan orang yang baru mengajukan asuransi di usia 40 sampai 50 tahun. Biasanya, perusahaan asuransi akan melakukan screening ketat bagi calon nasabah. Sebab, pada rentang usia tersebut, seseorang berisiko lebih besar terkena penyakit maupun meninggal dunia.

  • Dapat Mengatur Keuangan

Dibandingkan harus mengeluarkan uang untuk hal tidak penting, generasi milenial bisa melakukan hal bermanfaat, seperti memiliki asuransi. Keberadaan asuransi ini akan membuat keuangan bisa diatur dengan baik karena digunakan untuk membayar premi setiap bulannya.

Mari percayakan perlindungan diri dengan memiliki asuransi, terutama saat masih berada di usia muda. Dengan asuransi, Anda tentu akan menjadi lebih tenang dan tak perlu takut menghabiskan banyak uang saat berbagai risiko kerugian terjadi di masa mendatang.

Related posts