Badan Masih Sering Pegal Padahal Jam Tidur Sudah Cukup? Yakin Sudah Pakai Ranjang yang Tepat?

Ranjang Divan Bed Minimalis
Ranjang Divan Bed Minimalis

Tidur adalah salah satu kebutuhan kita sehari-hari yang harus dipenuhi dengan baik. Ketika waktu tidur tidak terpenuhi, mood kita bisa terganggu dan menyebabkan aktivitas menjadi kacau. Oleh sebab itulah tidak heran jika suatu rumah biasanya dilengkapi dengan beberapa kamar tidur sekaligus untuk menjaga privasi antara satu anggota keluarga dengan keluarga lainnya.

Jenis Ranjang Ada Banyak Lho, Ranjang Mana yang Jadi Pilihanmu?

Membicarakan kamar tidur tentu saja tidak sebatas hanya pada desainnya, tapi juga berbagai furniturenya. Ranjang adalah furniture wajib yang ada di kamar tidur dan akan memengaruhi kenyamanan kita ketika tidur semalaman. Kira-kira ranjang seperti apa ya yang cocok untuk kita? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak beberapa jenis ranjang berikut ini!

  • Ranjang Divan bed

Ranjang Divan Bed Minimalis
Ranjang Divan Bed Minimalis

Ranjang yang satu ini banyak diminati orang karena sudah termasuk dengan matrasnya dan harganya cenderung lebih murah daripada ranjang lainnya. Meskipun bentuknya sederhana, divan bed ini juga akan membuat tidur lebih nyaman kok! Menariknya lagi, divan bed ini juga tersedia dalam berbagai ukuran sehingga kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

  • Ranjang Storage bed

Jenis Ranjang Storage Bed dari IKEA
Jenis Ranjang Storage Bed dari IKEA

Storage bed adalah salah satu jenis ranjang yang multifungsi karena kita bisa menggunakan bagian bawah ranjang sebagai tempat penyimpanan barang. Dengan kata lain, memanfaatkan storage bed juga akan mengehemat ruang karena kita tidak perlu menggunakan tempat tambahan untuk menyimpan berbagai barang.

  • Ranjang Sleigh bed

Ranjang Tipe Sleigh Bed
Ranjang Tipe Sleigh Bed

Sleigh bed alias ranjang papan luncur juga merupakan salah satu ranjang yang sering dipilih masyarakat karena keunikan desainnya yang melengkung ke arah luar. Bentuk dari ranjang inilah yang membuat masyarakat memilihnya karena dianggap aman untuk ranjang bayi sekaligus. Awalnya, sleigh bed ini terinspirasi dari gaya Romawi dan Yunani yang sudah diperjualbelikan di Perancis sejak abad ke -19.

  • Ranjang kabin

Ranjang Kabin Kayu Anak
Ranjang Kabin Kayu Anak

Jenis ranjang satu ini juga sering digunakan di berbagai tipe rumah mengingat desainnya yang sederhana. Meskipun sederhana, desain ranjang kabin bukan berarti murahan lho! Dipan dari ranjang kabin ini hanya menggunakan kayu dan hal inilah yang menambah kesan natural di kamar kita. Biasanya papan kayu pada ranjang kabin juga disertai pola geometris dan membuatnya terlihat semakin mewah.

  • Ranjang Day bed

Ranjang Day Bed Pink
Ranjang Day Bed Pink

Siapa bilang ranjang hanya bisa digunakan di kamar tidur? Day bed adalah salah satu ranjang yang bisa diletakkan di ruang tamu lho! yup, keunggulan dari day bed adalah desainnya yang menyerupai sofa sehingga cocok untuk diletakkan di ruang tamu. Motif dari day bed sendiri cenderung polos sehingga tidak akan terkesan berlebihan.

  • Ranjang Canopy bed

Ranjang Canopy Bed
Ranjang Canopy Bed

Apa jadinya kalau ranjang dilengkapi dengan kanopi? Tentu saja tidur kita semakin nyaman dong! Ranjang kanopi ini biasanya disangga oleh empat tiang yang ada di pinggirnya, dengan tinggi tiangnya minimal 1,2 meter. Adanya tiang pada ranjang ini memang menambah kesan mewah pada ranjang, mengingat tiang biasanya dibalut dengan Mandala tapestry yang merupakan jenis dari kain sutra. Papan ranjang biasanya terbuat dari kayu berkualitas dan disertai dengan ukiran abstak yang membuat ranjang ini terlihat semakin mewah.

  • Ranjang Bunk bed

Ranjang Bunk Bed Anak Minimalis
Ranjang Bunk Bed Anak Minimalis

Bagi kita yang luas kamarnya terbatas, bunk bed bisa menjadi ranjang yang tepat karena bentuknya yang memanjang ke atas atau sering disebut sebagai ranjang tingkat. Banyak orang memilih bunk bed karena ranjang ini bisa digunakan untuk dua orang sekaligus, sehingga tidak heran bunk bed juga banyak digunakan di penginapan. Apabila penggunaan bunk bed hanya sekedar di rumah, kita bisa menggunakan bagian atas atau bawah ranjang sebagai lemari tambahan yang dengan kata lain akan menghemat tempat pula.

Selain Furniture Lengkap, Kita Juga Perlu Rutin Menata Kamar Tidur Dengan 5 Cara Ini Supaya Tidur Semakin Nyaman!

Pastinya sudah tidak bingung lagi kan dalam menentukan ranjang mana yang sesuai kebutuhan? Setelah menentukan ranjang, tentunya kita juga harus menata ranjang supaya mood tetap terjaga. Kamar tidur yang berantakan juga akan memengaruhi mood kita dan menyebabkan kita menjadi malas-malasan beraktivitas. Apalah arti kamar tidur lengkap dan luas tapi selalu berantakan kan? Berikut adalah beberapa tips menata ranjang yang bisa dicoba mulai dari sekarang:

  • Menerapkan konsep minimalis

Konsep minimalis bukan cuma sebatas desain interior saja, namun juga pada pemilihan furniture yang ada di kamar tidur. Sebaiknya kita hanya menaruh furniture yang penting saja di dalam kamar supaya ruang gerak kita juga semakin bebas. Jangan lupa untuk menambahkan lemari di kamar tidur untuk memudahkan kita dalam menyimpan berbagai barang.

  • Memanfaatkan pegboard

Pegboard adalah alternatif lainnya untuk menata kamar tidur secara efektif alias membuat kamar kita selalu terlihat rapi. Kita bisa menggantungkan berbagai barang di pegboard mengingat papan ini terbuat dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak. Tentunya kita juga bisa menambahkan berbagai dekorasi yang menarik di pegboard supaya penampilannya tidak monoton

  • Memasang gantungan pakaian

Pakaian adalah salah satu benda yang bisa menyebabkan kamar menjadi berantakan bahkan menimbulkan bau tidak sedap karena baju yang tidak kering. Pakaian kotor yang menumpuk juga bisa menjadi sumber penyakit di kamar kita dan hanya akan merugikan diri sendiri. Pastinya tidak ada yang mau mengalami hal ini kan? Oleh sebab itulah sebaiknya kita menambahkan gantungan pakaian di dalam kamar untuk memudahkan dalam menata pakaian. Kita juga bisa menggantung pakaian di bawah ambalan untuk menghemat ruang dan pastinya kamar tetap terlihat rapi.

  • Rak di dalam dinding

Rak memang menjadi cara terjitu dalam menyimpan berbagai barang, termasuk di kamar tidur. Saat ini banyak jenis rak yang bisa digunakan, bahkan ada juga rak yang bisa menyatu dengan dinding alias kamuflase. Rak dinding ini menjadi bagian dari lemari atasnya dan membuat kamar kita terlihat semakin unik. Kabar baiknya, kita bisa buat sendiri rak dinding ini dengan cara membuat ceruk dulu di dinding yang nantinya dilapisi dengan bahan yang kontras dengan warna dinding ataupun furniture di kamar kita. mudah bukan untuk membuat rak dinding?

  • Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur

Bukan cuma memanfaatkan tembok ataupun papan, kita juga bisa menyimpan berbagai barang di bawah tempat tidur lho! Kita juga tidak boleh lupa untuk membersihkan kolong tempat tidur secara rutin supaya berbagai barang jauh dari debu ataupun kotoran. Tentunya kita bisa menambahkan rak di bawah tempat tidur untuk membuat barang lebih tertata.

Memilih jenis ranjang memang tidak boleh asal mengingat kebutuhan kita dengan orang lain yang berbeda-beda. Selain itu, kita juga bisa memilih model ranjang yang disuka karena banyaknya jenis ranjang yang sudah dilengkapi dengan berbagai ornamen unik sekaligus yang akan membuat kamar tidur semakin indah. Tentunya kita juga tidak boleh lupa merapikan kamar setiap saat agar kamar tetap bersih dan tidur pun akan semakin nyaman. So, tunggu apalagi membuat kamar tidur lebih nyaman dari sebelumnya?

Related posts