Cek Manfaat Air Kelapa Muda

Khasiat Air Kelapa Muda

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman favorite warga Indonesia. Air kelapa muda atau air degan biasa diminum pada siang hari atau pada saat panas terik. Menikmati segarnya air kelapa muda di tepi pantai sambil berjemur merupakan hal yang sangat indak. Air kelapa muda mempunyai rasa yang segar, namun siapa sangka dibalik kesegaran air kelapa muda rupanya tersimpan banyak sekali khasiat yang dipercaya dapat dijadikan obat alternative dalam menyembuhkan berbagai masalah gangguan kesehatan. Sebagain orang mungkin hanya mengetahui bahwa air kelapa sangat baik untuk mencegah terjadinya dehidrasi, akan tetapi rupanya tidak hanya sekedar dehidrasi banyak sekali khasiat dari air kelapa lainnya.

Kelapa dapat dengan mudah tumbuh di dataran rendah dan juga banyak tumbuh di tepi pantai. Hampir seluruh bagian kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari air, daging dan bahkan kulitnya. Sehingga kelapa sering kali disebut sebagai tanaman serbaguna. Air kelapa mempunyai manfaat sebagai detoksifikasi tubuh atau berperan dalam menetralkan berbagai racun yang ada ditubuh. Pada air kelapa terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, riboflavin dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Untuk mengetahui apa saja khasiat air kelapa muda untuk kesehatan maka akan dibahas secara lengkap pada pembahasan kali ini. Untuk lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

Kandungan Air Kelapa Muda

Khasiat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak hal ini dikarenakan berbagai kandungan yang ada pada air kelapa muda. Buah kelapa yang semakin tua maka kandungan airnya akan semakin sedikit oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dibandingkan dengan air kelapa tua. Berbagai kandungan yang ada pada air kelapa dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh, kandungan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pada 240 gram kelapa muda terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 9 gram, protein 2 gram, serat 3 gram, lemak 0 gram, 46 kalori, 6 gram gula dan sodium sebanyak 252 mg.
  • Sedangkan nutrisi utama dari buah kelapa yait potassium sebanyak 600 mg. Kandungan potasium ini merupakan kandungan yang menyebabkan air kelapa sebagai jenis minuman elektrolit.
  • Mineral yang terkandung pada air kelapa diantaranya yaitu magnesium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, selenium dan kalsium.
  • Selain berbagai mineral yang terkandung air terdapat juga berbagai vitamin pada air kelapa muda diantarnya yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan viramin K. Selain itu terkandung juga riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, folat dan kolin.

Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa air kelapa mempunyai fungsi sebagai pengganti cairan dalam tubuh dengan cepat. Bahkan kemampuan tersebut melebihi kecepatan air biasa. Selain itu masih banyak lagi manfaat air kelapa muda yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Khasiat Air Kelapa

Berbagai kandungan pada air kelapa muda mempunyai banyak sekali khasiat untuk tubuh. Khasiat tersebut diantaranya yaitu menurunkan tekanan darah, cocok untuk minuman diet, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, berperan dalam detoksifikasi tubuh, dll. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh akan dibahas secara rinci dibawah ini.

  • Detoksifikasi tubuh

Khasiat yang pertama yaitu sebagai alat detoksifikasi tubuh. Wlaupun sebenarnya manusia telah mempunyai kemampuan dalam detoksifikasi sendiri akan tetapi pada beberapa kondisi seperti tubuh mengalami kekurangan cairan maka diperlukan cairan tambahan salah satunya dari air kelapa muda. Pada saat tubuh kekurangan cairan maka akan menimbulkan berbagai hal seperti sakit kepala, haus yang berlebihan, dll. Tubuh membutuhkan setidaknya 2500 ml sehari akan tetapi pada saat panas atau setelah selesai berolahraga tubuh membutuhkan banyak cairan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka Anda dapat meminum air kelapa muda sebagai pendamping dari air putih.

  • Menurunkan tekanan darah

Khasiat air kelapa muda yang kedua yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral pada air kelapa mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah, kandungan mineral tersebut yaitu potasium, kalsium dan magnesium. Menurut sebuah studi pada tahun 2005 menemukan hasil bahwa orang yang mengkonsumsi air kelapa muda secara rutin dalam waktu 2 minggu membuat tekanan sistoliknya menurun hingga mencapai 71% dan tekanan distoliknya mengalami penurunan lebih rendah 29% dari tekanan distolik sebelumnya. Pada saat potasium mulai memasuki tubuh maka kandungan tersebut dapat menetralkan sodium sehingga tekanan darah dalam tubuh pun menjadi menurun. Selain itu kandungan potasium tersebut dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

  • Sumber Energi

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman elektrolit. Air kelapa muda sering kali dijadikan minuman oleh para atlit untuk meningkatkan energy hal ini karena kandungan elektrolit pada air kelapa muda dapat menjadi pengganti elektrolit yang hilang pada tubuh kita. Kandungan glukosa yang tinggi pada air kelapa lah yang membuat air kelapa mempunyai khasiat sembagai sumber energy. Kandungan glukosa dari air kelapa saat dikonsumsi akan mulai diserap oleh berbagai sel yang ada pada tubuh kemudian disebar pada peredaran darah dan pada saat itu kandungan glukosa tersebut berubah menjadi energy. Oleh sebab itu banyak sekali atlit yang mengkonsumsi air kelapa pada saat melakukan berbagai latihan fisik.

  • Meredakan otot kaku

Khasiat air kelapa muda yang keempat yaitu dapat meredakan otot yang tegang. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda maka akan memberikan efek relaksasi untuk tubuh. Kandungan yang mempunyai khasiat meredakan otot kaku yaitu magnesium dan kalsium. Selain untuk meredakan otot kaku kandungan kalsium dan mempunyai khasiat dalam menguatkan tulang. Membuat rileks otot bahkan dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan magnesium mempunyai khasiat sebagai perangsang hormone serotonin.

Selain beberapa khasiat diatas masih banyak lagi khasiat air kelapa muda diantaranya yaitu untuk melancarkan pencernaan, menurunkan demam, mencegah berbagai gangguan penyakit jantung, mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, menyembuhkan berbagai alergi seperti alergi kulit, meningkatkan trombosit, dll. Selain khasiat untuk kesehatan tubuh air kelapa muda juga mempunyai khasiat untuk perawatan kulit dan rambut diantaranya yaitu:

  • Dapat menghilangkan jerawat
  • Dapat mencerahkan atau memutihkan kulit wajah
  • Menjadi anti aging
  • Mengatasi berbagai masalah rambut rontok

Khasiat air kelapa muda sudah tidak dapat diragukan lagi selain untuk kesehatan rupanya mempunyai khasiat untuk perawatan kulit dan juga rambut. Akan tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa yang berlebih cukup dengan mengkonsumsi air kelapa sebanyak 1 gelas dalam sehari. Mengkonsumsi air kelapa muda yang berlebihanpun tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sekian pembahasan mengenai khasiat air kelapa muda. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Related posts