Hadiri Pelantikan Kepala Suku Mairasi, Bupati Freddy: Mari Berdayakan Masyarakat Adat

PAPUA, Kabarberita.co.id – Peran masyarakat adat dalam mewujudkan Visi Kaimana Maju, Adil dan Sejahtera sangat strategis dan sangat menentukan. Kabupaten Kaimana yang sangat kaya dengan kekayaan alam butuh topangan semua pihak, termasuk masyarakat adat.

Hal ini disampaikan Bupati Kaimana Freddy Thie dalam sambutannya pada pengukuhan Kepala Suku Besar Mairasi yang bertempat di Rumah Adat Sirosa Bantemi Kaimana pada Jumat (5/8/2022) sore.

Bupati Kaimana yang berdarah Tionghoa ini juga mengatakn bahwa prosesi adat pengukuhan Kepala Suku Besar Mairasi merupakan momentum yang berharga dan sarat akan nilai.

“Sungguh saya merasa terhormat bisa berdiri disini. Ini menjadi momen berharga dan momen tadi bagi saya bukan sekedar ritualistik semata tapi sarat akan nilai serta menjadi bukti bahwa anak cucu Mairasi hingga hari ini masih terus eksis dalam merawat nilai-nilai kebaikan leluhur,” kata Bupati Kaimana disambut sorakan tepuk tangan

Selain itu, Bupati Freddy mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Bapak Yordan Oruw yang telah resmi dilantik sebagai Kepala Suku Besar Mairasi.

“Atas nama Pemda dan mewakili seluruh masyarakat Kaimana, saya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantik dan dikukuhkannya Bapak Yordan Oruw sebagai Kepala Suku Besar Mairasi periode 2022-2027,” ucap Bupati Kaimana ini

Diakhir sambutanya, Bupati Freddy juga mengajak seluruh masyarakat adat untuk terus bersama mengawal agenda-agemda pembangunan daerah.

“Bapa mama dorang khususnya seluruh elemen masyarakat adat 8 Suku Asli Kaimana. Mari kitorang semua bergandengan tangan untuk mengawal semua agenda pembangunan daerah. Tanpa bantuan bapa mama dorang tentu akan sulit untuk kami capai,” tutup Kaibus sapaan akrabnya.

Kehadiran masyarakat adat yang merupakan salah satu elemen penting dalam Kabupaten Kaimana, sungguh disadari dan mendapat perhatian khusus. Mereka perlu terus diberdayakan agar semakin menjadi kekuatan kultural masyarakat.

Turut hadir Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada dan segenap Kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kaimana.

( Shanty Rd )

Pos terkait