PUSHIDROSAL Adakan Sosialisasi Penyusunan PROSMEKHUBJA

Jakarta, kabarberita ( 20 Januari 2022 ) –  Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengadakan sosialisasi tentang Penyusunan Prosedur dan Mekanisme Hubungan Kerja (Prosmekhubja) di lingkungan Pushidrosal.

Kegiatan yang diikuti oleh 32 personel dari masing-masing satuan kerja di lingkungan Pushidrosal tersebut dibuka oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Nunung Suhartono di Lounge Room Perwira Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Kamis (20/01).

Dalam sambutannya Asrena Danpushidrosal menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, Pushidrosal ditetapkan sebagai Kotama Operasional Tentara Nasional Indonesia sekaligus Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut.

Pushidrosal sebagai Kotama Operasional Tentara Nasional Indonesia bertugas menyelenggarakan operasi survei pemetaan hidro-oseanografi militer maupun nasional yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi di wilayah perairan dan yurisdiksi nasional dalam rangka mendukung kepentingan TNI maupun publik untuk pertahanan negara dan pembangunan nasional. Setiap fungsi organisasi memiliki hal-hal teknis yang kewenangan pembinaannya pada pembina fungsi tersebut serta terkait dengan fungsi organisasi lainnya.

“Mencermati hal tersebut perlu adanya prosedur dan mekanisme hubungan kerja yang mengatur kewenangan, peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab suatu organisasi sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pada tingkat operasional untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dan overlapping kewenangan” ujar Asrena Danpushidrosal.

Kegiatan Sosialisasi Prosmekhubja selanjutnya dipaparkan oleh Kepala Dinas Sertifikasi Profesi (Kadisserprof) Kolonel Laut (KH) Dr. Kukuh Suryo W., S.Pd., M.T. Dalam paparannya, Kadiserprof memberikan gambaran tentang pengertian penyusunan prosmekhubja unit satuan kerja di lingkungan Pushidrosal, yang meliputi prosmekhubja internal, eksternal di dalam maupun luar komandonya terhadap satuan atas, samping dan bawahnya.

Prosmekhubja merupakan pra syarat validasi organisasi. Validasi organisasi Pushidrosal mengubah struktur organisasi Pushidrosal dengan adanya peningkatan jabatan dan penambahan satuan kerja baru, sehingga diperlukan revisi prosmekhubja organisasi Pushidrosal yang lama.

( Shanty )

Pos terkait