Ternyata Mudah Begini Cara Cek Online Bidang Tanah

cek lokasi bidang tanah online
cek lokasi bidang tanah online

KabarBerita.co.id – Memiliki bidang tanah baik itu dengan membeli dari orang lain ataupun tanah hasil dari warisan orang tua tentunya harus bisa di cek valid baik secara data (di buktikan secara kepemilikan melalui SHM) atau secara penguasaan bidang tanah tersebut. nah saat ini dengan berkembangnya teknologi Kementrian ATR/BPN berhasil mengembangkan aplikasi berbasis web geospatial mengacu pada koordinat lokasi anda sudah bisa mengecek tanah tersebut sudah terdaftar atau belum,

Simak beberapa caranya :

  • BHUMI.atrbpn.go.id
aplikasi cek bidang tanah online ATR BPN
aplikasi cek bidang tanah online ATR BPN

Yang pertama melalui website https://bhumi.atrbpn.go.id/ ini merupakan website publik terbaru dari Kementerian ATR/BPN yang sangat useful, di sini anda bisa tahu lokasi tersebut sudah memiliki sertifikatnya apa belum, atau sudah terdaftar apa belum. Jadi jika anda ditawari sebuah bidang tanah yang memiliki sertifikat anda bisa langsung cek disini (di website ini hanya disebutkan jenis Hak Atas Tanah dan NIB- saja, tidak membuka informasi subjek/pemilik karena informasi tersebut bersifat confidential/pribadi, namun hal ini sudah lebih dari cukup sebagai informasi awal untuk melakukan cross cek lanjutan.

  • Gistaru.atrbpn.go.id
aplikasi cek tata ruang online ATR BPN
aplikasi cek tata ruang online ATR BPN

Nah untuk website gistaru ini untuk melakukan pengecekan Rencana Tata Ruangnya, anda bisa cek apakah lokasi tersebut masuk dalam kawasan budidaya atau lindung (pilih RT/RW Daerah yang Pola Ruang). Hal ini untuk mencegah tanah yang ingin anda beli masuk ke dalam proyek konservasi/hutan/dsb.

Related posts