8 Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan
Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Daftar Isi

KabarBerita.co.id – Umroh bagi umat muslim memiliki makna Ziarah, dan hukumnya adalah sunah di Indonesia sendiri lamanya antrian untuk menjadi jama’ah haji menjadikan umroh sebagai alternatif lain selain haji untuk beribadah langsung berkunjung ke tanah suci baitullah.

Nah saat memasukin bulan Ramadhan menjadi waktu terbaik untuk anda melakukan ibadah umroh karena seperti yang di riwayatkan dalam hadist shahih HR bukhari jika seorang hamba melaksanakan ibadah umroh pada bulan ramadhan maka sesungguhnya dia seperti haji bersama baginda Nabi Muhammad SAW.

Nah berikut ini beberapa fadillah dari ibadah umroh yang di lakukan saat bulan Ramadhan.

8 Fadilah Umrah di Bulan Ramadhan

  • Seperti Haji Bersama Nabi Muhammad

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku
(HR. Bukhari no. 1863).
  • Menghapus dosa

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.”
(HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)
  • Dijauhkan dari kemiskinan

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”
(HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)
  • Pahala Jihad

Aisyah berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).
  • Dikabulkan doa-doa

Dari Abu huraira, Rasulullah bersabda :
Orang yang mengerjakan haji dan umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepadanya, pastilah dikabulkan-Nya, dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya“. (HR Ibnu Majah).
  • Di lipat gandakan pahala

keutamaan umroh memperoleh pahala sholat hingga 1.000-100.000 ribu kali lipat. Pahala solat di Masjid Nabawi bisa bernilai 1.000 kali lipat. Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat.

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad )
  • Lailatul Qadar (Seperti Ibadah 1000 bulan)

Lailatul Qadar dinyatakan lebih baik dari 1000 bulan. 1000 sama dengan 83 tahun 4 bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan

  • Amalan di Bulan Ramadhan di lipatgandakan hingga 700 kali

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. (HR. Bukhari)

Related posts