Cegah Penyebaran Omicron, PUSHIDROSAL Terus Gencarkan Vaksin Dosis III

Jakarta, kabarberita.co.id – Serbuan Vaksinasi tahap III yang dikenal dengan sebutan Booster, hingga saat ini masih di gencarkan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) khususnya Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) demi mencegah tersebarnya virus Covid-19 varian baru yang dikenal dengan sebutan Omicron. Kegiatan vaksinasi ini tetap digencarkan Pushidrosal meskipun pemerintah sudah menetapkan penyebaran virus covid-19 dari pandemi jadi endemi.

Pelaksanaan vaksinasi Tahap III (Booster) ini merupakan vaksinasi rutin bersifat gratis yang didistribusikan bagi personel militer dan PNS, keluarga dan masyarakat umum yang pelaksanaannya dimulai sejak Senin kemarin (07/03) yang hingga saat ini masih berlangsung di Markas Komando (Mako ) Pushidrosal. Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Kamis (10/03).

Sebagai ketentuan bagi prajurit militer dan PNS dan masyarakat umum yang dapat divaksin tahap ketiga ini harus memenuhi beberapa syarat, yaitu sudah melewati 6 (enam) bulan dari vaksinasi dosis pertama, sudah mendapatkan undangan dari aplikasi Peduli Lindungi dan kondisi dalam keadaan sehat.

Kegiatan ini adalah upaya TNI AL dalam membantu pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di tanah air yang merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, dan untuk membentuk kekebalan Komunal (Herd Immunity) bagi masyarakat umum di wilayah Pademangan Ancol dan sekitarnya.

Tim tenaga kesehatan yang diterjunkan merupakan personel dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal berjumlah 10 personel. Vaksinasi yang dilaksanakan dengan sasaran mulai dari anak-anak berumur 6-11 Tahun, 12-18 Tahun dan dewasa berumur 18 tahun keatas.

Dari hasil pencapaian tercatat 38 orang berhasil tervaksin, dengan rincian Dosis II sebanyak 3 orang menggunakan jenis Vaksin Sinovac, Dosis II jenis Vaksin jenis Astrazeneca sebanyak 4 orang dan Vaksin dosis III sebanyak 33 orang menggunakan jenis Vaksin Moderna dan tidak terjadi KIPI.

Hingga berakhirnya kegiatan vaksinasi para petugas dan peserta vaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat, yaitu menjaga jarak dan menggunakan masker.

( Shanty Rd )

Pos terkait